Posted by : Damhca Tahxton

Inilah Musik Pop Punk

http://damhcathaxton.blogspot.com/2015/07/inilah-musik-pop-punk.html
Sejarah berulang. Manusia mati, maka ada pula yang lahir. Pemimpin otoriter bisa saja membunuh untuk terus duduk di tampuk kekuasaan, tetapi ada masanya dia terjungkal, jatuh, jadi bahan cercaan dan kemudian dikubur. Begitu juga dengan generasi musik, terus berulang meski selalu nuansa baru sesuai dengan perkembangan jaman.

Di era pertengahan 1970an, muncul genre punk rock di Inggris, AS dan Australia. Generasi 'pemberontak' jalur rock yang ketika itu mulai 'heavy', tercetus dan menuai respon positif dan negatif. Positif karena punk membawa spirit do it yourself (lakukan sendiri). Negatif, band punk kerap bertingkah sesukanya. Tengok saja jalan hidup pembetot bass Sex Pistols, Sid Vicious.  Bukan hanya Sex Pistols yang populer, tetapi juga Ramones dan The Clash.
Waktu terus berdetak, jaman boleh berubah, spirit punk tetap ada hingga kini. Hanya saja, namanya jadi pop-punk. Meski lebih bising, permainan musik band pop-punk tak lagi 'semena-mena' ada melodi pop (melalui kocokan ritem gitar) di dalamnya, sehingga sub-genre ini disebut sebagai pop-punk. Siapa biang keladinya?

Green Day bisa ditunjuk. Ketika sub-genre alternatif (grunge) mulai membosankan, Green Day dengan album Dookie di tahun 1994, seperti memberi membawa angin segar. Siapa yang tidak bersemangat mendengarkan Basket Case, belum lagi Longview dan yang digemari remaja putri ketika itu, When I Came Around.
Ritem gitar rapat plus betotan ketat memang menghadirkan nuansa monoton, tetapi di tangan Green Day jadi enak didengar. Ketika itu, pop-punk belum dikenal, sehingga Green Day dikategorikan sebagai band alternatif. Dookie meraih penghargaan Grammy sebagai album terbaik kategori musik alternatif.

Setelah itu muncul album Smash dari band indie, Offspring. Hasilnya? Meledak! Come Out and Play, Self Esteem dan Gotta Get Away yang kerap diputar MTV, ngehits berat. Kedua album itu terjual puluhan juta keping. Selesai? Belum.
Green Day kembali menggebrak dengan Nimrod, sedangkan Offspring memberikan kejutan melalui Americana. Meski ska-punk sempat mencuri perhatian, pop-punk melaju berkat kehadiran band lain macam Blink-182, Sum 41 dan masuk era 2000an, bermunculan nama lain macam New Found Glory, Good Charlotte, My Chemical Romance, Simple Plan, Avril Lavigne, Bowling for Soup, Busted dan lainnya. Belakangan, daftar nama semakin bertambah dengan kehadiran Panic At The Disco, Fall Out Boy, All-American Reject dan Paramore.

Terus bermunculannya band pop-punk, mengakibatkan aliran musik rock yang satu ini tetap dicintai. Selain musiknya sangat pas menemani aktivitas kawula muda seperti main skateboard dan surfing, mendengarkan pop-punk bisa dilakukan sambil lalu. Akibatnya, tak perlu ribet memahami lirik yang diantarkan. Toh, sifat dasar rock, perihal lirik tak jauh dari kekecewaan dan kemarahan.

Bagi penggemar musik cadas, sub-genre rock tentu bukanlah persoalan. Apapun jenis musik yang dimainkan, selama masih di pelataran rock, tentu layak disimak. Nah, pop-punk sebagai sub-genre rock telah menghasilkan sejumlah album yang terkategori ‘paten’. Karena itu wajib dengar karena tidak hanya memang mengasyikkan tetapi juga ke depan patut dimasukkan ke dalam ‘kotak legenda’.

1. PARAMORE
Paramore merupakan sebuah grup musik asal Amerika Serikat yang dibentuk pada tahun 2004. Grup musik ini bermarkas di Franklin, Tennessee. Saat ini mereka beranggotakan 3 orang yaitu vokalis Hayley Williams, Bassist Jeremy Davis, dan gitaris Taylor York.

2. WE ARE IN THE CROWD
We Are In The Crowd merupakan band pop punk asal Poughkeepsie, New York. Saat ini beranggotakan Tay Jardine, Jordan Eckes, Mike Ferri, Rob, Chianelli, Cameron Hurley.

3. ALL TIME LOW
All Time Low adalah band pop punk asal Amerika yang terbentuk pada 2003. Personil dari All Time Low terdiri dari Alexander Gaskarth (vokal/gitar rhythm), Jack Barakat (gitar lead/backing vocal), Zachary Merrick (bass/backing vocal), dan Rian Dawson (drum/perkusi). Asal-usul nama band diambil dari lirik lagu "Head on Collision" karya New Found Glory.

4. MY CHEMICAL ROMANCE
 
My Chemical Romance adalah grup musik asal New Jersey, yang dibentuk pada bulan September tahun 2001 oleh Gerard Way dan Matt Pelissier. Saat ini, band ini beranggotakan Gerard Way (vokal), Mikey Way (bass), Ray Toro (lead guitar), Frank Iero (gitar), dan Mike Pedicone (drum) yang menggantikan Bob Bryar yang merupakan drummer sebelumnya yang keluar pada Maret 2010. Nama band ini terinspirasi oleh buku karangan Irvine Welsh yaitu Ecstasy: Three Tales of Chemical Romance.

5. TONIGHT ALIVE
http://damhcathaxton.blogspot.com/2015/07/inilah-musik-pop-punk.html
Tonight Alive band pop punk asal Sidney, Australia. Anggota saat ini Jenna McDougall, Whakaio Taahi, Jake Hardy, Cam Adler, Matt Best.

6. HEY MONDAY
Hey Monday adalah band pop punk asal West Palm Beach, Florida Amerika serikat yang dibentuk pada tahun 2007. Setelah lulus dari sekolah tinggi, Cassadee Pope membentuk band Hey Monday dengan Mike gentile, Elliot James, dan Alex Lipshaw dan Jersey Moriarty. Album debut mereka “Hold On tight” dirilis di seluruh dunia pada tanggal 7 Oktober 2008 melalui decaydance dan Columbia Records. single pertama dari album mereka berjudul, “Homecoming”

7. BLINK 182

Blink-182 adalah band pop punk asal Amerika Serikat yang beranggotakan trio Mark Hoppus, Tom DeLonge, dan Travis Barker. Mereka telah menjual lebih dari 27 juta copy album di seluruh dunia sejak terbentuk di Poway, California pada tahun 1992. Bersama dengan drummer pertama mereka, Scott Raynor, Blink-182 merilis album perdana mereka, Cheshire Cat, pada tahun 1994 dan mendapatkan sukses menengah dengan album berikutnya, Dude Ranch, pada tahun 1997. Dude Ranch hingga saat ini tercatat telah terjual lebih dari satu juta keping. Scott Raynor kemudian digantikan oleh Travis Barker pada pertengahan tour tahun 1998.

8. GREEN DAY
Green Day adalah band punk rock asal Amerika yang dibentuk pada tahun 1987 di Berkeley, California. Band ini terdiri dari trio Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, dan Tre Cool. Green Day sangat diakui karena keberhasilan mereka dalam membuat genre punk rock kembali terkenal, bersama-sama dengan Sublime, The Offspring, dan Rancid.

9. YELLOWCARD
Yellowcard adalah grup band pop punk/ alternative rock yang dibentuk di Jacksonville, Florida pada tahun 1997 dan berbasis di Los Angeles, California sejak tahun 2000. Anggota saat ini yaitu Ryan Key, Sean Mackin, Ryan Mendez, Longineu W. Parsons III, Sean O'Donnell.

10. SIMPLE PLAN
Simple Plan adalah band pop punk asal Montréal, Québec, Kanada. Sejak terbentuk mereka tidak pernah mengalami pergantian personel dan mereka adalah Pierre Bouvier, Jeff Stinco, Sébastien Lefebvre, Chuck Comeau, dan David Desrosiers. Sampai saat ini mereka telah merilis 4 album studio: No Pads, No Helmets...Just Balls (2002), Still Not Getting Any... (2004), Simple Plan (2008), dan Get Your Heart On! (2011).
Satu lagu dan lainnya yang berhubungan, membuat album ini tak ubahnya rock opera. Seperti karya monumental yang pernah dilahirkan The Who dengan album Tommy. American Idiot diganjar penghargaan Grammy sebagai album terbaik dan tembang Boulevard of Broken Dreams sebagai rekaman terbaik.

Leave a Reply

Kalau mau backlink harus sama komentarnya, jangan cuma teks linknya aja :P Jangan jadi silent reader doang. Ayo tinggalkan komentarnya, karena blog ini tidak ada apa-apanya tanpa komentar dari kalian.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Damhca Thaxton - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -