Posted by : Damhca Tahxton

Cara Promosi Band Baru Di Zaman Sekarang

Cara Promosi Band Baru Di Zaman Sekarang

Cara Promosi Band Baru Di Zaman Sekarang,- Zaman dulu untuk bisa punya band terkenal itu gampang, itu karena masih sedikitnya saingan, mtapi itu cuma pendapat saya. Di zaman sekarang pun untuk membuat sebuah grup band sangat gampang, terlebih banyaknya fasilitas yang mendukung dan media promosi yang banyak. Apalagi dengan adanya internet semua bisa erhubung dengan mudah, sehingga untuk mempromosikannya sangat mudah. 

Tapi saking mudahnya media promosi untuk sebuah grup band menjadi banyaknya saingan untuk bisa mendapat perhatian dari semua pihak, baik itu masarakat penikmat musik, maupun pemilik label perusahaan musik.

Dari hasil riset saya setelah membaca beberapa biography band-band zaman sekarang, ternyata mereka mempunyaki cara sendiri untuk mempromosikan bandnya sendiri supaya tidak kalah bersaing dengan band pendatang abru lainnya. Coba simak baik-baik. 

Siapkan band kamu yang sudah punya mini album sendiri>>Yang pertama adalah band kamu harus punya beberapa lagu sendiri yang terkumpul menjadi satu album, tidak usah banyak-banyak, cukup 5 sampai 7 lagu saja untuk dijadikan mini album. 

Gunakan media internet>>Akan lebih efektif jika pertama kamu membuat sebuah blog gratis, terus lampirkan profile band kamu dan sertakan setlist lagunya berikut dengan link downloadnya. Kamu bisa menggunakan soundcloud, reverbnation atau media pengunduh lagu lainnya. Setelah itu optimasi websitenya agar dapat page rank di google. Upload lagunya ke sosial media seperti soundcloud, reverbnation dan myspace. Kalau sudah ada lagunya coba upload lagu kamu ke youtube, walaupun kamu belum bisa bikin video kilp tapi kamu bisa membuat slide gambar di video youtube kamu. 

Manfaatkan sosial media>>Buat fanpage di facebook tentang band kamu, buat akun twitter khusus band kamu dan di sosial media lainnya. Soslal media seperti facebook, dan twitter pasti semua orang punya, maka kamu tidak akan kesulitan untuk mencari reputasi di sosial media. Apalagi sekarang google menyediakan G+ dan pemakainya masih selalu ramai sampai sekarang. 

Selalu sisipkan link yang berhubungan dengan band kamu>>Semisalnya kamu sudah upload lagu kamu ke youtube, pasti disitu ada keterangannya, nah kamu bisa membuat keterangan dengan menyertakan link ke blog profile band kamu dan ke soundcloud untuk download lagunya. Tapi bukan cuma di youtube saja, misalnya kamu membuat fanpage band kamu di facebook, maka kamu tinggal sertakan linknya di fanpage facebook kamu.

Untuk youtube kamu bisa memonetisasi akun youtube kamu agar kamu dapat income duit lebih dari youtube jika viewer youtube kamu sudah banyak. Setelah  viewer youtube dan visitor blog kamu lumayan banyak, berati sudah lumayan dikenal band kamunya, maka selanjutnya kamu pasang tarif di album kamu. Caranya cukup sederhana, jual album kamu dalam bentuk software file .mp3 di itunes dan di amazon.com dan di online store lainnya.

Untuk yang terakhir lumayan sulit, karena butuh persiapan matang dan perjuangan habis-habisan. Cari sponsor yang mau membayar kamu saat manggung, seperti radio, ketika radio ditempat kamu ulang tahun biasanya suka ada acara musik, coba kamu manfaatkan untuk bisa manggung di acara nya, selain bisa manggung cuma-cuma, kamu juga bisa dapat bayaran. Selanjutnya adalah hal yang band indie selalu lakukan, yaitu main di acara pensi sekolah maka pihak sekolah akan membayar kamu, main di event tertentu yang sponsor nya merk rokok terkenal, semua band kalau manggung terus bannernya ada merk rokok terkenal, sudah dipastikan band tersebut dibayar sama produk rokok tersebut.

Sumber : hasil riset sotoy saya sendiri

Leave a Reply

Kalau mau backlink harus sama komentarnya, jangan cuma teks linknya aja :P Jangan jadi silent reader doang. Ayo tinggalkan komentarnya, karena blog ini tidak ada apa-apanya tanpa komentar dari kalian.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Damhca Thaxton - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -